Selasa, 23 Oktober 2012

Manfaat Positif (+) dan Negatif (-) Penggunaan Internet


Manfaat Internet
Mengenai manfaat internet, begitu banyak yang akan saya jelaskan beberapa manfaat internet secara negatif dan positifnya bagi diri sendiri, yaitu :


Manfaat Internet Secara Negatif
- Tentu tidak bisa dipungkiri lagi, di internet sangat banyak sekali beredar situs mesum yang tentunya dapat diakses dari mana saja asalkan anda terhubung dengan internet. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan terutama bagi orang tua yang memiliki anak di bawah umur yang takut anaknya melihat gambar atau video mesum pada situs tertentu. Dan tentunya manfaat internet di sini akan memberikan dampak negatif bagi anak di bawah umur. Mungkin tidak hanya anak di bawah umur saja yang mendapatkan manfaat internet secara negatif dari situs tersebut, tetapi juga anak yang sudah dewasa atau bahkan orang yang sudah tua juga akan merasakan manfaat internet secara negatif jika tidak kuat mental dan iman ketika mengakses situs mesum tersebut.
- Banyak game yang tentunya beredar di internet. Sering orang menyebutnya dengan game online. Mengenai game online ini tentu akan membuat manfaat internet menjadi negatif jika dimainkan secara brutal, main game onlinenya sampai lupa waktu, lupa makan, melupakan kesehatan, hingga berhari-hari tidak tidur karena kecanduan main game online. Kalau sudah kecanduan game online hingga lupa segalanya bahkan melupakan kesehatan sendiri, tentunya manfaat internet di sini akan menjadi negatif.
- Adanya situs Social Network seperti Twitter, Friendster, Facebook, dan lainnya tentu akan membuat manfaat internet menjadi negatif jika orang yang menggunakannya tidak bijaksana atau bahkan hingga lupa segalanya seperti lupa pekerjaan, lupa waktu, lupa kesehatan, dan lainnya. Namun sebaliknya, jika situs social network tersebut digunakan secara bijaksana seperti untuk keperluan pemasaran dan bisnis, tentunya manfaat dari situs social network tersebut akan menjadi positif. Sudah banyak sekali orang yang menghasilkan banyak uang hanya dengan memasarkan produknya melalui social network tersebut. Sekali lagi, itu semua adalah pilihan anda.
- Maraknya penipuan lewat internet cenderung orang akan menganggap manfaat internet itu negatif. Maka dari itu, selalu lakukan cek dan ricek terhadap sesuatu yang ditawarkan di internet. Cari informasi sebanyak-banyaknya dulu sebelum anda percaya dengan apa yang ditawarkan di internet sehingga manfaat internet yang anda dapatkan akan menjadi positif.

Manfaat Internet Secara Positif
Selain manfaat internet secara negatif, tentunya banyak juga manfaat internet yang positif dan tentunya sudah banyak orang yang sudah merasakan positifnya manfaat internet tersebut.
- Manfaat internet secara positif yang pertama yaitu di internet banyak sekali informasi dari berbagai macam disiplin ilmu yang beredar yang dapat dengan mudah diakses sehingga dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda.
- Dengan banyaknya informasi yang beredar seperti informasi perkembangan suatu negara, cerita-cerita sukses, tips dan triks memecahkan suatu masalah tertentu, dan lainnya tentu akan dapat membantu anda dalam motivasi diri, memecahkan masalah yang sedang anda hadapi dan lain sebagainya sehingga anda akan merasakan hal positif dari manfaat internet.
- Kemudian manfaat internet secara positif selanjutnya yaitu memudahkan komunikasi dengan banyak orang. Terutama dengan adanya situs social network seperti Twitter, Facebook, Friendster, dan lainnya akan dapat menghubungkan seseorang dengan banyak sekali orang dipenjuru dunia.
- Selain itu, melalui internet juga bisa menghasilkan banyak uang. Yang mana internet dapat digunakan untuk pemasaran, bisnis, dan lainnya yang tentunya manfaat internet tersebut akan dapat menguntungkan dalam bisnis dan pekerjaan anda.
Itulah beberapa penjelasan tentang manfaat internet. Sekali lagi saya katakan bahwa positif atau negatifnya manfaat internet, semua itu tergantung dari positif atau negatifnya tentang apa yang anda cari dan anda lakukan di internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar