Minggu, 07 April 2013

konsep dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar (IAD)


Ilmu Alamiah Dasar
Manusia mempunyai rasa ingin tahu atau kuriositas terhadap segala yag ada di alam ini, maka dengan pengalaman itu ia mengembangkan metode – metode berpikir dari masa ke masa berikutnya sehingga pengalaman itu berakumulasi dari zaman ke zaman berikutnya.
Pengalaman merupakan salah satu terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta – fakta. Pengalaman itu akan bertambah terus selama manusia ada di muka bumi ini dan mewariskan ilmu pengetahuan itu kepada generasi berikutnya, pertambahan pengetahuan ( knowledge ) seperti yang dikemukakan didorong oleh :
1).  Dorongan untuk memuaskan diri, yang bersifat non praktis atau teoris guna memenuhi kuriositas dan memahami tentang hakikat alam semesta dan isinya.
2).  Dorongan praktis, yang memnfaatkan pengetahuan – pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. ( Maskoeri Jasin, 1998 : 9 )
Kedua dorongan itu menumbuhkan kemajuan ilmu pengetahuan, dorongan pertama menuju ke ilmu pengetahuan murni (Pure Science ) sedangkan dorongan kedua menuju ke ilmu pengetahuan terapan ( Applied Science ).
Ilmu Alamiah merupakan kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis artinya kegiatan mausia yang tiada hentinya dari hasil percobaan akan menghasilkan konsep, selanjutnya dari konsep itu mendorong melakukan percobaan berikutnya dan seterusnya. ( Maskoeri jasin, 1998 : 10 ) Ilmu Alamiah atau yang sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) atau Ilmu Kealaman ( Natural Science ) dan lazim digunakan dengan nama sains di dalam bahasa Indonesia.
Ilmu Alamiah merupakan Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala – gejala alam semesta, termasuk di muka bumi ini. Sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science ) hanya mengkaji konsep – konsep dan prinsip – prinsip dasar yang esensial saja. ( Maskoeri Jasin, 1998 : 1 )
Dari beberapa uraian diatas, Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science ) berarti  bahwa tidak hanya mengkaji gejala – gejala alam yang terjadi, namun juga mengkaji proses – proses alami yang ada di alam termasuk dalam diri manusia sebagai bagian dari alam semesta. Jadi, Ilmu Alamiah Dasar adalah Ilmu pengetahuan yang mengkaji konsep – konsep dan prinsip – prinsip dasar yang esensial terhadap gejala – gejala alam termasuk manusia itu sendiri sebagai bagian dari alam dan segala yang ada di bumi ini.
Tujuan Ilmu Alamiah Dasar
Bidang Ilmu Alamiah ditentukan oleh metode ilmiah, karena bidang ilmu alamiah adalah wahana di mana metode ilmiah dapat diterapkan. Sedangkan ilmu non alamiah adalah wahana dimana metode ilmiah tidak dapat diterapkan. Contoh Hipotesa tentang keberadaan Tuhan merupakan konsep ini bisa menyebabkan orang Atheis.
Sebagai konsekuensi metode ilmiah adalah menerapkan tujuan Ilmu Alamiah Dasar yaitu membentuk dan menggunakan teori. Beberapa orang mengatakan tujuan Ilmu Alamiah Dasar adalah mencari kebenaran dan menemukan fakta. Ilmu Alamiah hanya dapat mengemukakan bukti kebenaran sementara, dengan kata lain kebenaran sementara adalah “Teori”. Karena tidak ada sesuatu yang mutlak tetapi terus mengalami perubahan (contoh tentang teori bumi ini bulat). Ilmu Alamiah tidak menentukan moral atau nilai suatu keputusan. Manusia pemakai Ilmu Alamiahlah yang menilai apakah hasil Ilmu Alamiah itu baik atau sebaliknya. Contoh penemuan mesiu atau bom atom.

Tujuan Ilmu Alamiah Dasar terbagi dua,yaitu :

a) Tujuan Instruksional Umum
Tujuannya adalah dimana dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap  gejala-gejala alam sampai terwujudnya metode ilmiah yang secara khusus dari ilmu pengetahuan Alam.
b) Tujuan Instruksional Khusus
1.      Dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia.
2.      Dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap "Rahasia ingin tahu" nya.
3.      Dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.

Daftar Pustaka :
-          Jasin, Maskoeri. (1989). Ilmu Alamiah Dasar
-          www.wikipedia.com
-          www.rosykusuma-google
-          massofa.wordpress.com

2 komentar:

  1. sngat bgus,, jdi pgen share prtyan kedosen

    BalasHapus
  2. sangat membantu sekali

    jangan lupa kunjungi juga berbagi ilmu

    BalasHapus